GUA SUMUR SONGO: PORTAL MENUJU MASA LALU YANG HAMPIR TERLUPAKAN

  • Oct 17, 2023
  • Wisata

Di pinggiran persawahan milik penduduk Desa Jambearjo Kecamatan Tajinan, terdapat penemuan bersejarah yang membingungkan dan perlu dibongkar bukti-bukti emprisnya. Gua Sumur Songo tidak hanya menjadi teka-teki tetapi juga telah menjadi subjek perdebatan intens dalam kaitannya dengan masa lalu yang kontroversial, terutama selama era PKI (Partai Komunis Indonesia).

Menurut cerita lisan dan saksi hidup selama era PKI, Gua Sumur Songo dikaitkan dengan peranannya sebagai tempat persembunyian penduduk selama era PKI. Pada saat pemberontakan dan konflik politik melanda Indonesia, banyak warga yang mencari perlindungan dan pelarian sehingga mereka membuat Gua buatan, mereka merasa tempat ini adalah satu-satunya tempat yang relatif aman dari pergolakan politik. Temuan lubang Gua yang terpahat oleh benda-benda tajam, kedalaman Gua yang relatif memanjang dan lebar Gua hanya dapat dilalui satu orang dengan posis merunduk telah memperkuat hipotesis ini.

Gua Sumur Songo terletak diantara dua Desa yaitu Jamberajo dan Kasembon; Mulut Gua di Desa Jambearjo sedangkan bagian akhir gua masuk kawasan Kasembon, Gua tersebut bertepatan di tanah persawahan milik salah satu warga; Bapak Slamet. Penduduk sekitar menamainya Gua Sumur Songo, dikarena memiliki bentuk seperti Gua dan didalamnya memanjang dan terdapat sembilan sumur yang tembus ke atas sehingga cahaya dari luar menyinari sebagian dasar Gua. Sembilan Sumur tersebut hanya dua yang masih di temukan; Sumur pertama dan kedua dialiri oleh air yang muncul dari dasar tanah, dimungkinkan terdapat sumber mata air yang besar dan sudah tertutupi oleh tanah liat.  Sedangkan tujuh lainnya masih dalam proses penggalian, di keranankan sudah tertutup oleh sampah dan tanah.

Keberadaan gua ini telah membawa terang pada masa lalu yang penuh ketidakpastian. Peneliti, sejarawan, arkeolog dan bahkan Pemerintah Desa berkendak untuk menggali informasi lebih dalam melalui dunia magis, dalam rangka validasi mengenai cerita-cerita individu dan cerita lisan penduduk sekitar yang mengalami masih kontroversial. Sementara gua ini sendiri adalah saksi bisu dari masa lalu yang sulit ini, informasi yang ditemukan di dalamnya juga telah membangkitkan kembali kenangan yang pernah tenggelam dan mendalamkan pemahaman kita tentang sejarah kontroversial tersebut.

Namun, yang memungkinkan Gua Sumur Songo untuk menarik perhatian begitu banyak orang adalah kombinasi dari sejarah yang mengesankan, keindahan alam yang menakjubkan, dan aura misteri yang terus menyelimuti gua ini. Potensi besar yang dimiliki Desa, sehingga pengunjung dan peneliti sama-sama tertarik untuk menjelajahi kompleks gua ini, yang menawarkan perpaduan antara sejarah, alam, dan misteri yang sangat memikat.

Sekarang, Gua Sumur Songo di Desa Jambearjo menjadi tempat yang mengingatkan kita akan masa lalu yang sulit dan sekaligus merupakan pintu masuk menuju perjalanan sejarah yang menarik. Keberadaannya memberi kita kesempatan untuk memahami kerumitan sejarah Indonesia terlebih sejarah Desa Jambearjo, sambil menjaga kenangan, makna dan perjuangan nenek moyang untuk tmempertahankan hidupnya

GUA SUMUR SONGO